Simulasi Arduino Led-Blink di Proteus

Arduino merupakan mikrokontroller yang terdiri dari hardware dalam bentuk modul mikrokontroller yang siap pakai dan software Arduino IDE digunakan untuk memprogram board arduino itu. Dalam pertemuan ini, saya berbagi ilmu tentang simulasi arduino blink di proteus. seperti diketahui sendiri, arduino blink merupakan contoh program paling dasar untuk mempelajari arduino. Program blink sendiri merupakan program untuk menyalakan LED (dengan delay tertentu) yang sudah terdapat pada board arduino itu sendiri ataupun bisa menggunakan LED tambahan dengan menghubungkan ke pin I/O pada arduino.

Proteus adalah software aplikasi yang biasa digunakan untuk keperluan simulasi rangkaian elektronika dan juga bisa membuat layout pcb langsung dengan software ini. Disini saya menggunakan Proteus 7 Profesional dengan menambahkan library arduino kedalamnya. 

Oke kita langsung menuju ke topik. Langkah pertama buka software Proteus. Kemudian klik "Pick from libraries"

kemudian ketik "Arduino" pada kolom keywords, seperti pada gambar dibawah. Lalu pilih arduino yang ingin digunakan. Disini saya menggunakan arduino uno. Setelah itu klik ok.

Sama halnya dengan mencari arduino, disini mencari komponen led juga dengan mengetikkan "led-" pada keywords. Disini saya memilih led warna biru dan "minres" untuk komponen resistor dengan tahanan 220 ohm.



Setelaha semua komponen yang diperlukan tersedia, sekarang mulailah merangkai rangkaian led-blink. Hubungkan resistor ke pin 13 arduino dan hubungkan led ke resistor, jangan lupa juga diberi gnd. Rangkaiannya seperti pada gambar berikut :


Langkah selanjutnya membuat program led-blink menggunakan software Arduino IDE. Buka softwarenya kemudian klik new dan ketikkan program berikut. Setelah itu klik verify atau Ctrl+R, gunanya untuk meng-compile program yang sudah dibuat. Selain itu juga untuk memeriksa apakah program tersebut sudah benar atau masih ada error.

Setelah proses compiling selesai, langkah selanjutnya kembali ke proteus dan klik 2x arduino atau klik kanan dan pilih edit properties pada komponen arduino. Pada "Program File", pilih browser dan cari lokasi file program yang telah dibuat di Arduino IDE tadi. Tampilan seperti berikut :


Untuk lokasi file program dapat dilihat di komentar hasil compiling pada Arduino IDE. Seperti berikut:

Setelah mendapatkan lokasi file program, selanjutnya pilih file dalam format ".hex". Dapat dilihat seperti berikut:

Setelah itu klik open, pada "Edit Properties" klik OK. Dan klik "Play". Hasilnya seperti berikut:

LED akan menyala selama 100ms dan akan mati selama 100ms. Proses ini akan terus terulang sampai simulasi di stop. Saksikan video berikut:



Nah itulah tutorial simulasi arduino led-blink menggunakan software proteus. Jika ada yang ditanyakan, langsung lewat fitur komentar. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.






No comments:

Post a Comment